Barcelona Siap Memecahkan Rekor 6 Kemenangan Tandang Beruntun di Eropa


Barcelona Siap Memecahkan Rekor 6 Kemenangan Tandang Beruntun di Eropa


Hujan badai di malam yang pekat.  Pasukan Josep Guardiola tak kuasa menahan semangat anti Barcelona yang ditebarkan musuh-musuh mereka di La Liga. Dalam 11 pertandingan, mereka cuma menang 4 kali, seri lima kali dan terdepak 2 kali. Hal terburuk yang ada dalam skenario pelatih sekelas Guardiola dalam 4 musim ini.

Namun, buruknya laga tandang hanya berlaku di La Liga. Ketika berlaga di Eropa, Barcelona masih menunjukkan taring mereka. Bahkan, Lionel Messi dkk. berpeluang untuk mencetak rekor 6 kemenangan tandang beruntun —terhitung sejak musim lalu— ketika menghadapi Bayer Leverkusen. Jika Azulgrana mampu menggulung klub Jerman yang pernah dilabeli Neverkusen, mereka akan melewati catatan yang pernah dibuat pada musim 2002/2003.
Barcelona kala itu dilatih oleh arsitek Belanda, Louis Van Gaal. Bersama sekian banyak pasukan senegaranya, Van Gaal mampu mencetak lima kemenangan tandang beruntun.
Barcelona memulai kampanye kemenangan tandangnya saat dijamu Legia Warsaw (Polandia). El Barca menang 0-1 sekaligus mengamankan diri lolos ke babak 32 besar. Rekor mulus Barcelona di tandang berakhir ketika mereka ditahan imbang Internazionale 0-0 di putaran grup kedua.
————————————————————————————-
Barcelona musim 2002/2003
  • (Babak kualifikasi ketiga) Legia Warsawa vs Barcelona 0-1
  • (Putaran grup pertama) Galatasaray vs Barcelona 0-3
  • (Putaran grup pertama) Lokomotiv Moscow vs Barcelona 1-3
  • (Putaran grup pertama) Brugge vs Barcelona 0-3
  • (Putaran grup kedua) Bayern Leverkusen vs Barcelona 1-2
———————————————————————————————
Sementara itu, saat ini Barcelona sudah mengantongi lima kemenangan tandang beruntun pula. Rekor ini dimulai tahun lalu ketika El Barca menundukkan tuan rumah Shakhtar Donetsk 0-1 di perempat final. Kemenangan demi kemenangan terus berlanjut, termasuk ketika menyikat tim tangguh AC Milan 2-3 di San Siro.
———————————————————————————————
Barcelona musim 2010/2011 hingga 2011/2012
  • (Perempat final 2010-11) Shakhtar vs Barcelona  0-1
  • (Semifinal 2010-11) Real Madrid  vs Barcelona 0-2
  • (Putaran grup pertama2011-12) BATE Borisov vs Barcelona 0-5
  • (Putaran grup pertama2011-12) Victoria Plsen vs Barcelona 0-4
  • (Putaran grup pertama 2011-12) Milan vs Barcelona 2-3
———————————————————————————————
Satu kemenangan tandang atas Bayer Leverkusen tidak hanya akan memudahkan langkah El Barca ke perempatfinal. Selain akan mengukir 6 kdmenangan beruntun, pasukan Josep Guardiola dipastikan akan merasakan cerahnya matahari laga tandang musim ini; setidaknya di tingkat Eropa.

No comments:

Post a Comment